Friday 3 October 2014

#pinternet Internet

by Fadhila Nursyifa at 10/03/2014
Pengertian dan Sejarah Internet
Saat ini banyak sekali hal yang dapat kita lakukan di komputer dan handpone, seperti mengirim dan menerima e-mail, chatting, main game dan masih banyal hal lain yang tentunya sangat membantu kita dalam beraktivitas. Namun untuk mendapat menikmati dan memaksimalkan fungsi komputer dan handpone, kita membutuhkan sesuatu yang disebut internet. Apa itu internet??

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking. Internet merupakan suatu jaringan yang menghubungkan berbagai komputer diseluruh dunia agar dapat saling bertukar data dan informasi dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Internet yang ada saat ini berawal dari jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) yang disebut dengan Advanced Research Project Agency Network atau ARPANET. Awalnya ARPANET merupakan sistem jaringan komputer yang saling terhubung dari jarak jauh untuk kepentingan militer. Dalam waktu singkat ARPANET berkembang keseluruh dunia hingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Lalu ARPANET dibagi menjadi dua jaringan dengan tujuan yang berbeda yaitu, MILNET untuk kepentingan militer dan ARPANET yang lebih kecil digunakan untuk kepentingan non-militer. Gabungan dari kedua jaringan ini disebut dengan DARPA Internet dan pada 1982 hingga sekarang dikenal sebagai Internet.

Perangkat Untuk Membuat Internet
  1. Komputer/Laptop
    Komputer merupakan hal utama yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet, karena komputer adalah alat untuk dapat menikmati internet. Dulu internet hanya dapat digunakan pada komputer namun seiring berjalannya waktu dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini internet dapat dinikmati pada handphone cangging yang sekarang populer disebut gadget. 
  2. Modem
    Modulator Demodulator
    atau modem adalah alat pengubah sinyal, modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan dari analog ke digital. "Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon atau radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan ke komputer." [Harly]. Adapun jenis-jenis modem, diantaranya :
    • Modem Internal
      Modem ini dipasangkan pada slot mainboard atau motherboard yang berada di CPU. Kecepatan modem internal hanya 56 Kbps.
    • Modem Eksternal
      Modem yang dipasang diluar CPU dan dihubungkan pada PC dengan menggunakan kabel LAN atau USB.
Internet Service Provider (ISP)
Internet Service Provider atau ISP merupakan perusahaan yang menyediakan layanan jasa koneksi internet. Awalnya ISP hanya menjual koneksi internet melalui jaringan telepon yang membutuhkan jaringan kabel dan biaya izin, namun saat ini banyak ISP yang sudah menggunakan teknologi wireless atau nirkabel. ISP yang menggunakan teknologi wireless memang tidak membutuhkan jaringan kabel namun tetap memiliki biaya berupa tagihan pulsa telepon. Biasanya ISP yang menggunakan teknologi wireless digunakan oleh pengguna gadget. Saat ini biaya pulsa telepon yang digunakan untuk internet disebut paket internet. Beberapa ISP yang menyediakan layanan koneksi internet di Indonesia antara lain, Telkomnet Instan, CBNet, Indosat dan masih banyak lagi ISP-ISP yang baru bermunculan. Seluruh ISP di Indonesia diorganisir oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia atau APJII.

Jenis Koneksi Internet
Ada dua jenis koneksi internet yaitu :
  1. Koneksi Internet Kabel
    Jenis koneksi ini menggunakan media kabel untuk dapat terkoneksi dengan internet. Beberapa jenis koneksi internet kabel adalah :
    • Dial-up adalah koneksi internet yang memanfaatkan jalur telepon (biasanya telepon rumah) dengan cara menghubungkan nomor telepon khusus agar dapat digunakan untuk berinternet. Kecepatan maksimum yang didapat pada koneksi jenis ini hanya sekitar 56 Kbps dan harganya relatif mahal.
    • ADSL atau Asymmetic Digital Line adalah koneksi internet broadband yang cepat dibandingkan dengan koneksi diap-up, GPRS/ CDMA. ADSL/ DSL memiliki kecepatan transfer besar karena menggunakan jalur pita yag lebar.
    • Internet Cabel, teknologi ini bekerja dengan memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa di-broadcast di udara menjadi berbentuk sinyal-sinyal  yang dapat dilewatkan dalam bungkusan kabel coaxial.
  2. Koneksi Internet nirkabel (wireless)
    Koneksi internet yang memanfaatkan gelombang radio (elektromagnetik) sebagai penghantarnya dan bekerja pada frekuensi yang tinggi yaitu 11-54 Mbps, sangat jauh berbeda dengan koneksi dial-up yang lambat. Koneksi internet nirkabel memang ungguk dalam hal kecepatan, namun bermasalah dengan cuaca, sebab jika cuaca sedang buruk sepeti hujan atau badai maka akses internet bisa menjadi lambat. Salah satu contoh jenis internet nirkabel adalah layanan wireless broadband. Koneksi internet wireless brodband menggunakan radiolink untuk menghubungkan satu kantor atau gedung dengan yang lainnya. Jenis koneksi ini memerlukan gedung yang tinggi atau tower  agar dapat menjangkau BTS yang terdekat. Keuntungan dari penggunaan koneksi jenis ini adalah : (a) akses cepat mencapai 11 Mbps, (b) teknologi mudah diterapkan, (c) biaya relatif terjangkau, dan (d) instalasi yang mudah. Contoh lain dari koneksi nirkabel atau wireless adalah General Packet Radio System (GPRS) yang disediakan oleh operator seluler. GPRS merupakan teknologi 2G dan merupakan cikal bakal munculnya teknologi 3G.

WWW
World Wide Web atau WWW atau juga Web adalah fasilitas yang menyediakan interface yang sederhana ke sumber daya internet yang sangat besar. Web adalah sistem pengiriman dokumen terbesar yang berjalan di internet. Web dikembangkan oleh CERN (European Center for Nuclear Research) suatu lembaga penelitian fiska energi tinggi di Geneva, Swiss. Unit dasar informasi web adalah dokumen (sering disebut page), tiap pagi yang diambil pengguna dari web dilengkapi dengan koneksi / kaitan (link) yang teridentifikasi dengan jelas ke dokumen lain yang mungkin diminati.

E-Mail
Surat elektronik atau Electronik Mail / e-mail adalah kemampuan mengirim dan menerima pesan teks melalui internet. E-mail merupakan salah satu aplikasi internet yang mmbuka kemungkinan komunikasi dengan pengguna diluar internet, maksudnya kita dapat mengirim pesan kepada orang lain walaupun orang itu tidak sedang menggunakan internet / offline. Namun untuk mengirim dan menerima e-mail tetap membutuhkan internet. Layanan e-mail yang populer adalah Yahoo Mail dan Google Mail.

Search Engine
Search engine atau mesin pencari adalah perangkat lunak untuk membantu kita mencarii dokumen pada jaringan internet. Search engine menggunakan web spider atau program robot untuk menyaring kata kunci yang dimaksud oleh kita atau user. Saat ini ada banyak sekali search engine yang tersedia di internet, diantaraya google, yahoo, bing, baidu dan lain sebagainya.

Browser
Browser adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menjelajah internet yang digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi berharga. Aktifitas dalam menggunakan browser disebut browsing. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer (IE), Firefox, Opera, Safari, Flock, Avanbrowser dan lain-lain.

Chatting
Secara bahasa chatting memiliki arti mengobrol, namun dalam dunia internet chatting merupakan fasilitas untuk berkomunikasi dengan cara mengirim pesan atau suara. Jika e-mail dapat mengirim pesan kepada seseorang yang sedang offline, maka chatting baik kita maupun penerima harus online. Fasilitas chatting biasanya disediakan oleh komunitas online atau sosial media, seperti facebook.

Natiquette
Natiquette merupakan etika dalam dunia internet. Atruran ini menyangkut norma dalam penggunaan internet. Beberapa aturannya adalah mengamankan komputer kita dengan ara menggunakan antivirus atau personal firewall, karena tidak jarang situs yang menyisipkan virus yang dapat merusak komputer kita. Selanjutnya jengan mudah percaya pada internet, maksudnya tidak semua yang menggunakan internet adalah orang baik, banyak sekali orang yang membuat situs yang berisi kebohongan atau penipuan. Terakhir adalah hargai pengguna lain di internet dengan cara :
  1. Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan.
  2. Jangan mengambil keuntungan secara ilegal dari internet.
  3. Jangan mengganggu privasi orang lain.
  4. Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak karena akan terkesan berteriak atau marah.
  5. jangan flamming atau memanas-manasi, trolling (keluar dari pembicaraan) dan junking  (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Komunitas Online
Komunitas online adalah tempat sekelompok orang berbagi cerita atau pengalaman dalam sebuah stus internet secara online. Komunitas online lebih sering disebut jejaring sosial atau sosial media. Banyak sekali macam-macam komunitas online yang ada saat ini, diantaranya facebook, twitter, kaskus dan lain sebagainya. Komunitas online digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat sepeti bertukar pikiran atau yang sekarang sedang populer adalah berbelanja secara online atau online shoping.


Referensi 


Aingindra. 2014. Perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet. http://www.aingindra.com/perangkat-keras-internet.html. [diakses 1 Oktober 2014]

Arie Iswadi. 2013. Pengertian ISP dan contohnya. http://ariesense.com/pengertian-isp-dan-contohnya.html. [diakses 1 Oktober2014]

Arie Iswadi. http://ariesense.com/pengertian-search-engine.html. [diakses 1 Oktober 2014]

Falk, Bennett. 1997. Peta jalan internet. Jakarta: Alex Media Komputindo

Internet Komputer. http://internet.artikel2.com/pengertian-email.html. [diaskes 1 Oktober 2014]

Juju Dominikus, dan MataMaya Studio. 2008. Teknik mempercepat koneksi internet. Jakarta: Alex
Media Komputindo

Kumpu02. http://komputer.singkatpadat.com/tag/definisi-chatting [diakses 2 Oktober 2014]

Meidi Rendi Kalengkian. http://meidi-rendi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html [diakses pada 1 oktober 2014]

Niammuddin. http://www.niammuddin.com/pengertian-www-world-wide-web/ [diakses 1 Oktober 2014]

Sidharta, Lani. 1996. Internet : informasi bebas hambatan 2. Jakarta : Alex Media Komputindo.

Wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Internet [diakses 1 Oktober 2014]

0 comments:

Post a Comment

 

Kumpulan Tugas Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea